Sabtu, 06 April 2013

Pengertian Android

Android adalah sistem operasi yang didasarkan pada versi modifikasi dari kernel Linux untuk telepon selular seperti smartphone dan Tablet, Android pertama kali dirilis perdana pada tanggal 5 November 2007.
Android Berbeda dengan OS iPhone, Android adalah open source, yang berarti pengembang dapat memodifikasi dan menyesuaikan OS Android untuk setiap telepon selular mereka. Oleh karena itu, ponsel berbasis Android mungkin memiliki antarmuka (interface) yang berbeda dalam grafis GUI meskipun mereka menggunakan OS yang sama.
Android adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google, OS Android juga  digunakan oleh beberapa  smartphone seperti Motorola Droid, Samsung Galaxy, dan Google Nexus One.
Nama “Android” berasal dari istilah android, yang mengacu pada sebuah robot yang dirancang untuk melihat dan bertindak seperti manusia. Android adalah sistem operasi mobile yang awalnya dikembangkan oleh Android Inc, Kemudian  Android dibeli oleh Google pada tahun 2005. Google dan Open Handset Alliance (OHA) berkolaborasi dalam pengembangan Android.
Di sinilah Android berbeda tajam dari iPhone, Perangkat keras iPhone dibuat oleh Apple, dan operator selular adalah AT & T, Sebuah ponsel  Android dapat dibuat oleh siapa saja dan bisa berjalan pada jaringan apapun. Seperti dikutip dari Wikipedia,  Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android. Karena banyak sekali Ponsel Android yang beredar dipasaran terutama Samsung yang telah menguasai Pasar Android di Indonesia.
Android telah merilis beberapa versi hingga yang terbaru Android versi 4.2 (Jelly Bean). Berikut ini Versi Android yang Pertama hingga yang terbaru ;
•    Android Versi 1.1 (Rilis 9 Maret 2009).
•    Android Versi 1.5 (Cupcake – Rilis Pertengahan Mei 2009)
•    Android versi 1.6 (Donut – Rilis September 2009)
•    Android Versi 2.0/2.1 (Éclair – Rilis 3 Desember 2009)
•    Android Versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt – Rilis 20 Mei 2010)
•    Androis Versi 2.3 (Gingerbread – Rilis 6 Desember 2010)
•    Android Versi 3.0/3.1 (Honeycomb – Rilis Mei 2011)
•    Android Versi 4.0 (ICS : Ice Cream Sandwich – Rilis 19 Oktober 2011)
•    Android versi 4.1 (Jelly Bean – Rilis 27 Juni 2012)
•    Android versi 4.2 (A New Flavor of Jelly Bean – Rilis 13 November 2012)
Google memiliki reputasi yang sangat baik ketika datang untuk menciptakan perangkat lunak, Layanan Gmail  dan browser Chrome yang telah menjadi bukti bahwa Google telah diterima dengan baik. Android merupakan kelanjutan dari kesuksesan Google, Selamat datang di dunia Android.

0 komentar:

Posting Komentar