Senin, 29 April 2013

Sejarah Google Driverless Car

Blog ini akan membahas mengenai kendaraan autonomous, kendaraan robot, serta mengulas sedikit tentang teknologi dibelakangnya. Kendaraan autonomous merupakan teknologi baru yang berpotensial untuk mengubah pola hidup masyarakat, untuk lebih spesifiknya, mengubah sistem transportasi yang menggerakkan masyarakat sehari-hari. Dengan diciptakannya kendaraan autonomous, diharapkan jaringan transportasi kedepannya bisa lebih aman.

Kendaraan autonomous adalah kendaraan yang dapat beroperasi dengan aman dan efektif tanpa perlu dikendalikan oleh manusia. Kendaraan ini terdiri atas kumpulan sistem-sistem yang saling bekerja sama untuk memungkinkan kendaraan tersebut melintasi lingkungannya. Salah satu sistem yang paling penting adalah sensor. Contoh sensor yang umum digunakan antara lain: Global Positioning System, kamera video, LIDAR, dan RADAR. Kendaraan autonomous menggunakan sebuah komputer pusat untuk memproses data-data yang diterima oleh sensor. Dengan menggunakan algoritma yang berbeda-beda, komputer dapat menentukan jalur mana harus diambil. Baru kemudian komputer pusat memerintahkan mobil untuk melakukan tindakan yang sesuai.

Latar Belakang dan Motivasi :

Teknologi kendaraan autonomous memiliki sejarah yang cukup panjang. Prototipe pertama yang dapat berfungsi dengan baik diciptakan pada tahun 1980. Dengan menggunakan kamera, prototipe ini berhasil menempuh 100km jalan kosong tanpa perlu dikemudikan oleh manusia. Dengan keberhasilan ini, muncul banyak proyek pada tahun 80-an dan 90-an menggunakan sistem serupa yang digunakan untuk menyetir melalui jalan raya, baik pada lalu lintas ringan atau tidak ada sama sekali.

Jadi mengapa kita harus melakukan riset kendaraan autonomous? Dalam pengembangan autonomuos car, para peneliti sadar bahwa mereka mereka ingin memecahkan masalah keselamatan berkendara dan efisiensinya. Maka dari itu, tujuan utama dilakukan penelitian adalah untuk mencegah atau mengurangi kecelakaan lalu lintas, mengurangi waktu orang berkendara, serta mengurangi emisi karbon. Ini dapat dilihat dari usaha google menggunakan mobil Toyota Prius yang mana dikenal sebagai mobil hybrid yang sangat ramah terhadap lingkungan. Ada pula, penciptaan mobil ini untuk membantu orang-orang berkemampuan terbatas agar memudahkan mobilitas mereka beraktifitas. Kita mengimpikan masa depan di mana segala sesuatunya berjalan secara otomatis dan bebas kendala.

0 komentar:

Posting Komentar